Tips Sehat Makanan untuk Ibu Hamil

makanan untuk ibu hamil

Makanan sangat penting bagi kesehatan kita. Apalagi bagi seorang ibu yang sedang hamil, maka makanan yang bergizi harus betul-betul diperhatikan, karena gizi itu bukan hanya untuk kesehatan si ibu saja, melainkan juga untuk kesehatan si janin. Oleh karena itu, memilih makanan untuk ibu hamil harus teliti dan jangan sembarangan, harus diperhatikan kandungan gizinya.

Selain gizi, jumlah kalori juga perlu diperhatikan karena kebutuhan kalori tiap masa kehamilan akan berbeda-beda. Pada saat kehamilan trisemester pertama dan kedua, kebutuhan kalori si ibu adalah 2000 kalori per hari, sedangkan untuk masa kehamilan trisemster ketiga, butuh tambahan kalori sebanyak 200 kalori per harinya. Dan jenis makanan untuk ibu hamil sebaiknya mengandung 10% kalori dari protein, 35% kalori dari lemak, dan 55% kalori yang berasal dari karbohidrat.

makanan untuk ibu hamil

Asupan gizi dan nutrisi yang tidak boleh terlupakan dan sangat penting untuk pertumbuhan janin adalah asam folat. Nutrisi ini harus ada sejak awal kehamilan karena mempunyai peran yang penting, yaitu untuk pertumbuhan syaraf pusat janin. Apabila kebutuhan asam folat ini tercukupi, maka hal-hal yang tidak diinginkan seperti kelahiran prematur, cacat fisik, dan cacat fisik lainnya bisa dihindari. Oleh karena itu, memilih makanan untuk ibu hamil yang mengandung asam folat, sangatlah penting, agar bayi bisa terlahir secara normal.

Yang perlu Anda perhatikan lagi adalah, ketika muncul keinginan untuk ngemil, sangat tidak disarankan untuk Anda memakan sembarang camilan. Karena bisa jadi camilan yang Anda makan tidak sehat untuk si bayi. Untuk camilan, ada beberapa makanan untuk ibu hamil yang bisa Anda gunakan sebagai camilan, diantaranya kismis, karena cukup mengandung serat dan zat besi. Selain itu, yogurt juga bisa menjadi pilihan untuk dijadikan sebagai camilan. Kandungan probiotik dari yogurt tidak hanya baik bagi pertumbuhan janin, tetapi juga baik untuk membantu memperbaiki sistem pencernaan Anda. Selain itu, yogurt juga merupakan sumber kalsium yang bisa membantu Anda dalam mencukupi kebutuhan kalsium untuk janin Anda.

Dibaca 607 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrShare on LinkedInPin on PinterestShare on StumbleUponShare on Reddit

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>