Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

tips memilih makanan sehat, makanan sehat, makanan sehat untuk ibu hamil

Ibu hamil selalu dituntut untuk menjaga kesehatan. Kesehatan yang baik tidak hanya bagus untuk sang Ibu namun juga untuk perkembangan janin. Pemilihan makanan yang tepat dan bernutrisi tinggi akan membuat Ibu sehat serta mencegah gangguan perkembangan calon bayi. Asupan gizi untuk ibu hamil seharusnya diatur tepat sasaran. Maksudnya makanan sehat untuk ibu hamil sebaiknya sesuai dengan tahap perkembangan janin dari bulan ke bulan.

Makanan sehat untuk ibu hamil dipilih sesuai dengan usia janin. Saat kehamilan 1 bulan, sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Asam folat dapat mempersiapkan janin serta mencegah resiko terjadinya spina bifida (tulang belakang tumbuh tidak tertutup secara sempurna). Asam folat dapat diperoleh langsung dari multivitamin dan juga sayur dan buah-buahan seperti brokoli, kol, jagung, kedelai, jeruk, alpukat, gandum, dan sebagainya.

Pada dasarnya makanan sehat untuk ibu hamil harus memenuhi standar gizi sesuai 4 sehat 5 sempurna. Keseimbangan gizi yang tepat akan memberikan nutrisi yang cukup dan tidak berlebihan untuk perkembangan janin. Usahakan memberikan porsi sayur dan buah-buahan yang lebih daripada karbohidrat. Untuk porsi menyesuaikan, namun lebih baik makan dengan porsi kecil untuk mengurangi rasa mual. Variasikan makanan bila perlu seperti mengganti nasi dengan roti gandum, susu dengan yogurt, daging dengan ikan, dan sebagainya.

tips memilih makanan sehat, makanan sehat, makanan sehat untuk ibu hamil

Selain makanan sehat untuk ibu hamil, perlu diperhatikan juga makanan atau minuman yang harus dihindari. Saat hamil, sebaiknya selalu minum air putih lebih banyak. Air putih berfungsi menjaga tubuh agar tidak kekurangan cairan dan dehidrasi. Selama hamil, sebisa mungkin mengurangi minuman berkafein tinggi seperti kopi dan minuman berkarbonasi.

Sementara untuk makanan, hindarilah makan makanan seperti masakan cepat saji, makanan kaleng atau kemasan, dan masakan yang berbahan pengawet. Perhatikan lingkungan agar selalu bebas asap rokok. Bila Anda merokok, hentikan kebiasaan tersebut untuk kesehatan janin. Jangan mengkonsumsi alkohol. Dan jangan lupa selalu menuruti anjuran dokter dan tidak mengkonsumsi obat tanpa pengawasan dokter.

Dibaca 584 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrShare on LinkedInPin on PinterestShare on StumbleUponShare on Reddit

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>