Selektif Memilih Makanan Ibu Hamil

makanan ibu hamil

Terkadang, seorang ibu hamil sering mengalami ngidam. Terlebih ngidam yang diinginkan berupa ngidam makanan. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil.  Ibu hamil disarankan untuk tidak sembarangan dalam mengkonsumsi makanan. Selektif dalam pemilihan makanan ibu hamil terutama makanan yang tidak dimasak sendiri atau dibeli memang wajib dilakukan oleh ibu hamil.

Ibu hamil harus selalu memperhatikan makanan yang dimakan karena makanan tersebut dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan janinnya. Agar ibu hamil lebih teliti dalam memperhatikan makanannya, berikut tips memilih jajanan kuliner sehat untuk ibu hamil.

Tips Memilih Jajanan Kuliner Sehat Untuk Ibu Hamil

  • Tips memilih jajanan kuliner sehat untuk ibu hamil yang pertama adalah, cobalah untuk memilih makanan yang memiliki tingkat kematangan yang sempurna. Makanan ibu hamil diharuskan yang sudah matang. Makanan matang ibu hamil berguna untuk mengindari terjangkitnya toksoplasma yang dapat mengganggu perkembangan janin yang dikandungnya. Sebagai alternatif, ibu hamil disarankan untuk menghindari makanan seperti sate, sushi yang menggunakan ikan mentah serta makanan lain yang mengandung mayonaise karena mayonaise ternyata terbuat dari telur yang masih mentah.
  • Tips memilih jajanan kuliner sehat untuk ibu hamil yang kedua adalah, pilihlah makanan ibu hamil yang kaya akan sayuran maupun buah-buahan. Ibu hamil dapat mengkonsumsi berbagai ragam buah-buahan yang biasanya terdapat pada sup buah.  Alternatif jajanan kuliner yang banyak menggunakan sayuran didalamnya seperti cap cay.

makanan ibu hamil

  • Tips memilih jajanan kuliner sehat untuk ibu hamil yang ketiga adalah dengan memperhatikan kebersihan dari tempat yang akan dikunjungi. Terkadang banyak tempat makan seperti kaki lima atau tenda-tenda yang kurang memperhatikan kebersihan tempat dan peralatan yang disediakan. Makanan ibu hamil sebaiknya selalu terjaga kebersihannya baik kualitas bahan makanan maupun peratannya. Ada baiknya bila ibu hamil selektif dalam memilih tempat makan, karena kebersihan dapat mempengaruhi kualitas makanan yang disajikan. Bisa jadi ada banyak kuman dan bakteri yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin. Solusinya, ibu hamil dapat membungkus makanannya dan menikmatinya di rumah. Atau bila terpaksa tidak dapat menmbungkus, cobalah utuk selalu membawa perlengkapan makan sendiri yang praktis dan ringan selama bepergian.  Karena makanan bersih ibu hamil merupakan hal penting yang harus diperhatikan.

Apabila ibu hamil selalu memperhatikan asupan makanan ibu hamil yang mereka makan baik dari segi kebersihan, komposisi bahan maupun cara pengolahannya, maka akan mengurangi resiko terserangnya kuman atau penyakit berbahaya yang dapat mempengaruhi perkembangan janin.  Hamil adalah masa-masa yang rentan, jadi ada baiknya bila seorang ibu hamil dapat menjaga kehamilannya dengan baik agar lebih tenang menjalani masa kehamilannya.

Dibaca 743 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrShare on LinkedInPin on PinterestShare on StumbleUponShare on Reddit

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>