Resep Kecap Ikan

Resep Kecap

Resep kecap ikan merupakan salah satu permulaan dari adanya produk kecap ikan yang banyak dijual dalam kemasan seperti sekarang. Sesuai dengan namanya resep kecap ikan dipenuhi oleh bahan-bahan yang berasal dari ikan laut. Berbeda dengan kecap yang biasanya menggunakan kedelai, kecap ikan banyak ditemukan di berbagai negara. Tidak hanya di Indonesia saja, resep kecap ikan dapat kita temui di beberapa negara Asean seperti Thailand, Filipina, Vietnam, Jepang dan Indonesia sendiri. Dari beberapa negara itu kecap ikan juga memiliki perbedaan namanya. Di Indonesia kecap ikan dikenal dengan petis yang menjadi bumbu utama dalam membuat rujak petis. Di Vietnam dikenal dengan nama nouc mam, di Jepang disebut shottsuru, di Filipina dikenal dengan patis dan di Thailand dikenal dengan nama nam pla.

resep kecap ikan
gambar: sweet-ladybird.blogspot.com

Resep Kecap Ikan

Resep kecap ikan pada awalnya ditemukan oleh para nelayan yang ingin mengolah ikan hasil tangkapannya dengan bentuk yang berbeda. Setelah mengalami beberapa kali uji coba akhirnya terciptalah resep kecap ikan yang masih bertahan sampai sekarang. Selain menjadi bumbu petis, resep kecap ikan sekarang juga sudah berkembang menjadi kecap lainnya yang dijual dengan kemasan yang hampir sama. Jadi bisa disimpulkan bawah sekarang kecap ikan tidak hanya menjadi bumbu rujak petis yaitu makanan khas Jawa Timur saja namun sudah menjadi bumbu bagi beberapa makanan nusantara maupun luar negeri.

resep kecap ikan
gambar: fussfreecooking.com

Dalam catatan resep kecap ikan, proses pembuatannya memerlukan waktu yang lumayan lama. Dan untuk lebih mengetahui bagaimana mengolah ikan menjadi kecap sesuai dengan instruksi yang tertulis dalam resep kecap ikan, di bawah ini akan dijelaskan mengenai proses pembuatan kecap ikan. Pada dasarnya setiap negara yang mengenal kecap ikan memiliki perbedaan resep kecap ikan yang didapatkan dari para nelayan yang menciptakannya. Namun secara umum proses pengolahan ikan menjadi kecap ikan dimulai dari memilih ikan yang masih segar. Jenis ikannya bisa dipilih sesuai dengan selera. Setelah itu ikan dibersihkan dan dihaluskan. Setelah halus, daging ikan digarami dan disimpan ke dalam wadah yang kedap udara selama 3 bulan. Cairan yang dihasilkan dari penggaraman tersebutlah yang menjadi kecap ikan. Itulah proses membuat kecap ikan yang terdapat pada resep kecap ikan dari berbagai negara.

Dibaca 570 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrShare on LinkedInPin on PinterestShare on StumbleUponShare on Reddit

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>