Mengenal Konsep Gizi Seimbang

Gizi Seimbang

Zat gizi seimbang sangat dibutuhkan tubuh, karena zat-zat gizi yang kita konsumsi itu akan berfungsi dalam keberlangsungnya proses biologis dalam tubuh.  Proses biologis tersebut adalah proses membangun dan memelihara organ tubuh.

Jika kita selalu diceritakan akan konsep pola makan 4 Sehat 5 Sempurna sebagai konsep pola makan yang benar selama ini. Menurut Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Soekirman mengatakan dalam perkembangannya saat ini, konsep ini sudah tidak tepat. Melihat, sejak tahun 1990an, masalah kelebihan gizi dimasyarakat menjadi salah satu faktornya yaitu kegemukan dan obesitas.

Konsep 4 Sehat 5 Sempurna dikenal untuk menekankan pentingnya empat golongan makanan sebagai karbohidrat sebagai sumber tenaga, Protein untuk pembangun, sayur dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral untuk memelihara. Sekarang ini, dikarenakan melihat perkembangan yang ada, konsep sebelumnya yaitu 4 Sehat 5 Sempurna dirasa tidak sesuai lagi karena berbagai faktor kebutuhan dan gizi seseorang itu berbeda. Maka konsep yang lebih cocok adalah konsep atau pola gizi seimbang.

Prinsip Gizi Seimbang

Prinsip gizi seimbang yaitu kebutuhan jumlah gizi disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, kesehatan, serta aktivitas. Variasi jenis makanan pun sangat diperhatikan. Bahan makanan dalam gizi seimbang sendiri dikelompokkan menjadi tiga, yaitu sebagai sumber energi atau tenaga bisa berasal dari padi-padian, umbi-umbian, tepung-tepungan, sagu dan jagung. Sebagai sumber zat pengatur kita bisa menggunakan sayur dan buah-buahan. Dan sebagai sumber zat pembangun, kita bisa menggunakan bahan ikan, ayam, telur, daging, susu, kacang-kacangan dan hasil olahannya berupa tempe, tahu, kecap, susu kedelai, maupun oncom.

Jumlah konsumsi harus disesuaikan dengan golongan usia, jenis aktivitas, dan jenis kelamin. Mulai dari anak-anak hingga dewasa. Untuk dewasa misalnya sumber tenaganya bisa berasal dari 3-5 piring nasi dengan sumber zat pengatur yang berasal dari 1 ½ – 2 mangkuk sayur dan 2-3 potong buah. Zat pembangun sendiri bisa mengambil sumber dari 2-3 potong lauk hewani dan 3 potong lauk nabati.

Dalam konsep gizi seimbang pun diterapkan prinsip dasar yang harus dijadikan pedoman agar kesehatan optimal dapat dicapai dan terpelihara. Tiga belas prinsip dasar tersebut adalah, Makanlah aneka ragam makanan; Makanlah makanan untuk memenuhi kecukupan energi; Makanlah makanan sumber karbohidrat, setengah dari kebutuhan energi; Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kebutuhan energi; Gunakan garam beryodium; Makanlah makanan sumber zat besi; Berikan ASI saja kepada bayi sampai umur enam bulan; Biasakan sarapan pagi; Minumlah air bersih, aman yang cukup jumlahnya; Lakukan kegiatan fisik dan olahraga secara teratur; Hindari minum minuman beralkohol; Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan; Baca label pada makanan yang dikemas.

Dibaca 414 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrShare on LinkedInPin on PinterestShare on StumbleUponShare on Reddit
Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>