Makanan yang Boleh Dimakan oleh Ibu Hamil Muda

Makanan yang Boleh Dimakan oleh Ibu Hamil Muda

Makanan Ibu HamilMasa awal kehamilan merupakan masa yang menyenangkan sekaligus mengkhawatirkan, pada trisemester pertama kondisi janin masih sensitif. Hal lain yang menjadi masalah krusial adalah kondisi fisik dan psikis dari sang ibu hamil tersebut yang kurang baik. Pada fase awal, pada umumnya kondisi ibu hamil akan drop baik nafsu makan, kondisi emosional maupun kondisi kesehatan sang ibu sendiri.

Sementara janin yang ada dalam kandungan sang Ibu membutuhkan makanan ibu hamil dan nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Nutrisi dan asupan gizi lainnya dapat tercukupi dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan. Berikut makanan yang boleh dimakan oleh ibu hamil muda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi baik bagi ibu hamilnya sendiri maupun sang janin yang ada dalam kandungan sang ibu.

Makanan yang Boleh Dimakan oleh Ibu Hamil Muda

Pertama, makanan ibu hamil disarankan adalah mengkonsumsi beras merah dan coklat. Karbohidrat yang terkandung dalam beras merah cukup kompleks dibandingkan dengan karbohidrat yang terkandung dalam beras putih. Selain itu, dalam beras merah mengangdung serat yabg sangat baik bagi pencernaan sang Ibu Hamil dan mengurangi terjadinya resiko sembelit yang biasanya muncul pada fase awal kehamilan. Selain beras merah, ibu hamil juga disarankan untuk mengkonsumsi coklat, kandungan yang terdapat dalam coklat dapat mengurangi rasa stres bagi ibu hamil.

Kedua, makanan lain yang direkomendasikan bagi ibu hamil muda adalah brokoli dan kacang merah. Dalam kedua makanan ini mengandung sumber zat besi non heme iron. Kandungan tersebut bermanfaat untuk meningkatkan zat besi dalam tubuh sang ibu hamil, karena pada umumnya ibu hamil sangat rentan kekurangan darah, dengan demikian mengkonsumsi brokoli dan keacang merah bertujuan untuk menghindari kekurangan darah dan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi mutlak dilakukan. Selain dari brokoli dan kacang merah, zat besipun dapat Anda peroleh dari daging merah.

Ketiga, salah satu makanan yang direkomendasikan bagi ibu hamil adalah sayuran dan buah. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam sayur dan buah sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan sang janin yang ada dalam kandungan ibu hamil. Selain itu, kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah dan sayur akan membantu proses penyerapan zat besi. Karena sangat disayangkan jika mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi tapi tidak terserap, dengan demikian mengkonsumsi buah dan sayur juga diperlukan.

Pada prinsipnya, makanan ibu hamil adalah makanan yang mengandung nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sang ibu hamil maupun janinnya.

Dibaca 3802 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrShare on LinkedInPin on PinterestShare on StumbleUponShare on Reddit

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>